Pemograman 1 : Pertemuan 2 - Dasar Java (Jcreator)

      Assalammualaikum Wr.Wb ,. Masih dalam Pembahasan seputar perkuliahan saya.
Baiklah kawan" dipostingan ini Kita akan memulai pembahasan tentang DASAR JAVA.
karena di pertemuan kuliah sebelumnya ( Pertemuan 1 ), pertemuan kuliah hanya di isi point" apa saja yang nantinya kami pelajari di Semester 3 ini dengan Mata Kuliah : Pemograman 1 dan Perkenalan mahasiswa dengan dosennya.;p

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 n ini lah Pembahasan pertemuan ke 2 dalam perkuliahan kami tentang Dasar Java :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------


 ---------------------------------------------------
     Sejarah Java
 ---------------------------------------------------

      Java 
adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.
      Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal.

     
 Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
       Pada tahun 1994 web mulai popular nama bahasa Oak diganti menjadi Java ternyata Oak sudah dipakai terlebih dahulu.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Perbedaan Pemrograman Prosedural dan Pemrograman Berorientasi Objek
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

- Pemrograman Prosedural atau Tradisional
      Pada pemrograman prosedural secara mendasar adalah metode pemrograman yang mengeluarkan perintah yang akan dieksekusi oleh komputer, Dan biasanya berupa baris-baris program yang dieksekusi secara urut mulai dari baris atas hingga bawah. Pada model Pemrograman Prosedural atau Tradisional (disebut Process-Oriented Model), semua data dan kode digabung menjadi satu bagian dalam satu program.

- Pemrograman Berorientasi Objek
      Pemrograman Berorientasi Objek merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah melalui perspektif objek. Dalam pemrograman berorientasi objek, setiap objek akan memiliki datmethod (perilaku atau kemampuan melakukan sesuatu, berupa fungsi). Objek dapat didefinisikan sebagai suatu entitas yang memiliki data dan method. Sebagai contoh manusia adalah suatu objek yang memiliki data-data (misalnya nama, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, dan yang lainnya.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sifat-sifat Pemrograman Java
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------

> Java Berorientasi Object
Artinya penulisan program harus dibuat dalam bentuk objek, misalnya objek tersebut berupa manusia, hewan, atau benda.
>Java Bersifat Terdistribusi
Program java sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, yaitu teknologi jaringan lokal seperti jaringan internet.
>Java Bersifat Multiplatform
Program java sudah diterjemahkan dengan benar dan dapat dijalankan pada platform atau pada sistem operasi lain
>Java Bersifat Multithread
Yaitu dapat memperbanyak pekerjaan yang dikerjakan dalam satuan waktu yang hampir bersamaan

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Java IDE (Integrated Development Environment)
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  >Jcreator :
Software ini merupakan IDE yg sederhana dan cepat, sangat cocok untuk pelajari kode kode program
>Eclips :
Software ini merupakan IDE yg dikembangkan oleh IBM, tapi software ini memerlukan RAM yg besar untuk menjalankannya
>NetBeans :
Software ini merupakan IDE menarik yg digunakan untuk mengembangkan berbagai tipe aplikasi . Namun sayang, software ini juga memerlukan RAM yg besar.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
STRUKTUR PROGRAM APLIKASI
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------

import java.nama_class.nama_fungsi;
  class nama_program
  {
  public static void main (string[] args)
  {
    deklarasi
  int : x=;
  input
  proses
  ouput
  }

  }


 ----------------------------------------------------------------------------------------
CONTOH PROGRAM APLIKASI JAVA
 ----------------------------------------------------------------------------------------

import java.io.*;
class soal1
{
  public static void main (String[] args)
  {
    System.out.println(“selamat datang diprogram java”);
  }
}
  


 
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Baiklah itu saja mungkin yang bisa kami rangkum untuk pertemuan 2 perkuliahan ini
dan nantinya akan ada latihan tentang java dengan menggunakan Netbeans ..
nantikn sj dpertemuan slanjutnya n bakalan lebih seru dengan coding pemogramannya
apabila ada yang kurang jelas dan  ingin ditanyakan silahkan tinggalkan jejak di Comment di bawah :D ... 
   Bye bye Wassalammualaikum Wr.Wb




Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

Tinggalkan komentar anda jika anda memiliki kritik/saran atau artikel saya yang kurang dimengerti.

By: Dhi-_-Dix

Previous Post Next Post