Pemograman 1 : Pertemuan 7 - Dasar Java (Jcreator)


Assalamuaikum .kawan" baiklah kita akan meneruskan pembahasan dari pertemuan 6 sebelumnya dan Di pertemuan ke 7 ini di pembahasan kuliah saya mata kuliah pemograman  1 mengenai :

Perulangan While Pada Java



Secara mudahnya Perulangan While hampir sama dengan perulangan lainnya kecuali perulangan dengan rekursi. Perulangan While memiliki perbedaan tersendiri dalam masalah pengodeannya, untuk itu lihat penjelasannya di bawah ini.

  Perulangan while merupakan perulangan atau blok yang diulang-ulang selama kondisi yang ada masih memiliki nilai yang true. Untuk perulangan ini kalau kita tidak hati-hati dalam pengodeannya maka saat kita akan menjalankan projectnya perulangan bisa-bisa tidak akan pernah berhenti atau bisa dibilang (infinite loop). Perulangan while juga memiliki kelebihan dalam perulangannya yaitu variabel yang dideklarasikan tidak hanya menggunakan tipe data bilangan bulat (integer) atau double, namun bisa juga menggunakan tipe data boolean. 

Untuk melihat pengodean dari perulangan while kita bisa langsung lihat contoh di bawah ini.





                                           Hasil Output project.



Syntaks dari While tuh bagaimana ???

    dan untuk syntaks umum WHILE kurang lebih seperti di bawah ini:

While (kondisi){

                      //statement

                                }


Jadi Syntaks dari While itu harus ada kondisi dan di lanjutkan dengan statement ya.


Untuk perulangan dengan while memiliki dua pengontrolan, yang pertama untuk menentukan batas perulangan, sementara yang kedua untuk ekspresi penambahan (a++) atau pengurangan (a--) batas perulangan. Perulangan while memang lebih banyak penggunanya ketimbang perulangan dengan for. Sebelum mengakhiri perulangan while ada baiknya kalau kita akan mencoba menggunakan tipe data boolean pada perulangan for. Dimana tipe data boolean hanya bisa membaca nilai true dan false. Berikut ini adalah contoh perulangan while dengan tipe data boolean .


                                               Hasil Output project .


     Menghitung banyaknya deret angka.


                                                    Hasil Output project.

Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

Tinggalkan komentar anda jika anda memiliki kritik/saran atau artikel saya yang kurang dimengerti.

By: Dhi-_-Dix

Previous Post Next Post