Pemograman 1 : Pertemuan 10 - Dasar Java (Jcreator)


Assalamuaikum .kawan"
baiklah kita akan meneruskan pembahasan dari pertemuan 9 sebelumnya dan Di pertemuan ke 10 ini di pembahasan kuliah saya mata kuliah pemograman 1  mengenai :


Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek



                                                                Method
Method adalah kumpulan program yang mempunyai nama. Program harus dibungkus dalam method. Dengan method kita bisa memanggil kumpulan program hanya dengan memanggil nama methodnya, pekerjaan jadi lebih singkat dan tidak boros menuliskan program, program menjadi lebih terstruktur, praktis, dan efisien.
Deklarasi sebuah method
Method terdiri atas dua bagian yakni :
1. Method declaration
2. Method Body

Method dapat digambarkan sebagai sifat (behavior) dari suatu class. Untuk mendefinisikan method pada dalam class digunakan sintaks sintaks
[modifier] nama_method( [parameter] ) { methode body }
Contoh : public int Perkalian (int y;int z) { methode body }
                                                         Modifier pada method
Modifier menentukan level pengaksesan sebuah method. Hal ini menentukan apakah sebuah method bias diakses oleh objek lain, objek anak, objek dalam satu paket atau tidak dapat diakses oleh suatu object sama sekali berikut adalah beberapa jenis level access:
  • Ø  Public
Atribut ini menunjukan bahwa fungsi/method dapat diakses oleh kelas lain.
  • Ø  Private
Atribut ini menunjukan bahwa fungsi atau method tidak dapat diakses oleh kelas lain.
  • Ø  Protected
Atribut ini menunjukan bahwa fungsi atau method bisa diakses oleh kelas lain dalam satu paket dan hanya kelas lain yang merupakan subclass nya pada paket yang berbeda.
  • Ø  Tanpa modifier
Atribut ini menunjukan bahwa method dapat diakses oleh kelas lain dalam paket yang sama.
  • Ø  Abstract
Fungsi tidak memiliki implementasi.
  • Ø  Final
Method tersebut tidak dapat dioverride oleh kelas turunan.
  • Ø  Static
Method dapat diakses tanpa harus melakukan instantiasi terlebih dahulu.
                                                           Parameter
Parameter adalah Suatu Nilai yang dapat diubah dari luar untuk menentukan hasil yang akan di tampilkan.
Parameter merupakan bagian dari method yang mana di dalam suatu method bisa memiliki 1 parameter atau  lebih dari 1 parameter. Parameter itu sendiri adalah suatu bagian dari method yang mana harus di beri type data dan disini penulis menganggap suatu parameter mirip sekali dengan variable ( tetapi yang merupakan dalan bagian dari method ) yang bisa menentukan suatu nilai atau merubah suatu nilai nantinya saat di program java di jalankan ( Running ) atau di tampilkan dengan method yang sudah ada di java.
-       mengirim >> parameter aktual //yang di main.
-       menerima >> parameter formal.

                                        Input Poject Class Matematika.


                                        Input Project Class MatematikaBeraksi.



Output Project Matematika


                                                                   Input Project



Input Project SepedaBerkasi.


                                                              Output Project.




                                                             Konstruktor

  •   Ø  Method yang digunakan untuk memberi nilai awal pada saat object diciptakan
  •   Ø  Dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat instan class
  •   Ø  Sifat konstruktor:
  •       Nama konstruktor sama dengan nama class
  •      Tidak memiliki nilai balik dan tidak boleh ada kata kunci void.


                                                   Input Project

                                            Input Project MobilBeraksi.



                                             Output Project Mobil


        Kata Kunci This Digunakan pada pembuatan class dan digunakan untuk menyatakan object sekarang.

                                                        Input Project Class Buku.



                                                   Input Class BukuBeraksi.



                                                       Output Project Buku.





Encapsulation

Mekanisme menyembunyikan suatu proses dan data dalam sistem untuk menghindari interferensi, dan menyederhanakan penggunaan proses itu sendiri.
Contoh.
      Tongkat transmisi (gigi) pada mobil
      Tombol on/off/pengaturan suhu pada AC.

Class access level (public, protected, private) adalah implementasi dari konsep encapsulation.
Enkapsulasi data dapat dilakukan dengan cara:
1          1. mendeklarasikan instance variable sebagai private.
2          2. mendeklarasikan method yang sifatnya public untuk mengakses variable tersebut.

Enkapsulasi data juga dapat dilakukan dengan cara:
a.      mendeklarasikan instance variable sebagai private.

b.      mendeklarasikan method yang sifatnya public untuk mengakses variable tersebut.


ACCESS MODIFIER

-       Private : Pengaksesan suatu instance variable dan method hanya dapat dilakukan di dalam class(tidak bias dari luar class).

-       Tanpa Tanda : Pengaksesan suatu instance variable dan method dapat dilakukan di dalam kelas dan kelas lain dalam satu paket.

-       Protected : Pengaksesan suatu instance variable dan method dapat dilakukan di dalam class,class lain dalam satu paket, dan sub class.

-       Public : Pengaksesan suatu instance variable dan method dapat dilakukan dari luar(Sembarang) Class.

 Contoh .

    Contoh.



Contoh lainnya adalah isi saldo yang ada di ATM kita, agar tidak di lihat orang lain
kita menggunakan PRIVATE.

                                                Input Project Bank.



                                                  Input Class bankBeraksi


                                                   Output Project bank.





Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

Tinggalkan komentar anda jika anda memiliki kritik/saran atau artikel saya yang kurang dimengerti.

By: Dhi-_-Dix

Previous Post Next Post