Pemograman 1 : Pertemuan 9 - Dasar Java (Jcreator)


Assalamuaikum .kawan" baiklah kita akan meneruskan pembahasan dari pertemuan 8 sebelumnya dan Di pertemuan ke 9 ini di pembahasan kuliah saya mata kuliah pemograman 1  mengenai :


Pemrograman berorientasi objek
 (object-oriented programmingdisingkat OOP)


Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming/OOP) merupakan pemrograman yang berorientasikan kepada objek, dimana semua data dan fungsi dibungkus dalam class-class atau object-object. Setiap object dapat menerima pesan, memproses data, mengirim, menyimpan dan memanipulasi data. Beberapa object.
berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya.

          Masing-masing object harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan dapat dihubungkan dengan Object yang lain. Pemrograman berorientasi objek berbeda dengan pemrograman prosedural yang hanya menggunakan satu halaman kebawah untuk mengerjakan banyak perintah atau statement. Penggunaan pemrograman berorientasi objek sangat benyak sekali, contoh : java, php, perl, c#, cobol, dan lainnya. 


   Objek
Untuk mempermudah pemahaman, maka disini akan dijelaskan melalui analogi. Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai objek. Misalnya rumah, mobil, sepeda, motor, gelas, komputer, meja, sepatu, dll. Setiap objek memiliki atribut sebagai status (state) dan tingkah laku sebagai behavior.
Contoh objek : Mobil. Maka atribute (state) nya adalah stir, roda, speedometer, warna, jumlah roda. Sedangkan tingkah laku (behavior) nya adalah kecepatan menaik, kecepatan menurun, dan perpindahan gigi mobil.
Analogi pemrograman berorientasi objek sama dengan penggambaran pada dunia nyata seperti contoh di atas. Dalam OOP, state disimpan pada variabel dan tingkah laku disimpan pada method.

    Class
Definisi class yaitu template untuk membuat objek. Class merupakan prototipe atau blue prints yang mendefinisikan variabel-variabel dan method-method secara umum. Objek merupakan hasil instansiasi dari suatu class. Proses pembentukan objek dari suatu kelas disebut sebagai instantiation. Objek disebut juga sebagai instances.
Sebagai contoh ‘class of Women’ adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari wanita. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object.
    Attributes
Atribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya.
Dalam class, atribut sering disebut sebagai variabel. Atribut dibedakan menjadi dua jenis yaitu Instance Variable dan Class Variable.
Instance variable adalah atribut untuk tiap objek dari kelas yang sama. Tiap objek mempunyai dan menyimpan nilai atributnya sendiri. Jadi, tiap objek dari class yang sama bokeh mempunyai nilai yang sama atau berbeda.
Class Variable adalah atribut untuk semua objek yang dibuat dari class yang sama. Semua objek mempunyai nilai atribut yang sama. Jadi semua objek dari class yang sama mempunyai hanya satu nilai yang value nya sama.

     Behavior
Behavior/tingkah laku adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu objek, menerima informasi dari objek lain, dan mengirim informasi ke objek lain untuk melakukan suatu tugas (task).

Jangan lupa Programan OOP itu teknik yang  menghubungkan 2 buah class atau lebih dengan cara membuat objek dari tiap class yang ada.
Contoh Programan berorientasi Objek
Input project.


    
                     Lalu, Kita membuat objek (instance) seperti di bawah ini:

         
           Kata kunci new berfungsi untuk membuat objek baru dari class tertentu.


Setelah membuat objek, kita bisa mengakses atribut dan method dari objek tersebut.


Tanda titik (.) berfungsi untuk mengakses atribut dan method.

Hasil Output Project.






Class Handphone.


Class HandphoneBeraksi.



Hasil Output Project.

Class Singa.



              Class SingaBeraksi.



                Hasil Output Project.



Class Manusia.



Class ManusiaBeraksi.



Hasil Output Project.


Post a Comment

Silahkan Tulis Komentar Anda ...

Tinggalkan komentar anda jika anda memiliki kritik/saran atau artikel saya yang kurang dimengerti.

By: Dhi-_-Dix

Previous Post Next Post